MANFAAT TANAMAN SEREH

Tips Kesehatan Alami

MANFAAT TANAMAN SEREH UNTUK MENGATASI BATUK

Oleh : M. Abidin


Dulu semasa saya masih kecil ketika ada anggota keluarga  kami yang sakit ibu saya biasa mengunakan obat herbal dari tanaman obat yang banyak ditanam di pekarangan dan di halaman rumah sebagai obat. Dari sekian tanaman obat yang ada, ada satu tanaman yang biasa digunakan oleh ibu saya untuk mengobati sakit batuk pada anggota keluarga. Tahukan anda tanaman apa yang bisa di jadikan obat batuk tersebut? Tanaman itu bernama “sereh” yaitu tanaman yang biasa dijadikan sebagai bumbu dalam masakan. Ternyata selain dapat dipakai sebagai bumbu masak tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat batuk.

Bagaimana cara pengobatan sakit batuk dengan tanaman sereh ini? Caranya yaitu dengan memotong daun dari tanaman sereh yang masih tertanam di tanah,usahakan memotongnya pada sore hari. Setelah daunnya dipotong lantas batang sereh tersebut dibungkus dengan plastik bening dan diikat, biarkan sampai satu malam. Keesokan harinya baru kita buka ikatan dan lepaskan dari batang sereh tersebut. Dan plastik tersebut telah terisi beberapa cc air dari tetesan batang sereh. Nah air dari tetesan batang sereh inilah yang bisa kita jadikan sebagai obat batuk yaitu dengan cara meminumnya.


Mungkin bagi anda yang berada di perkotaan dan tidak punya lahan atau pekarangan untuk menanam tanaman sereh ini, anda bisa memulainya dengan menanamnya di pot seperti kita menanam bunga. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus. Selain sebagai tanaman obat, sereh sudah lazim biasa digunakan sebagai bumbu masak. Jadi sekali tanam beberapa manfaat dapat kita peroleh. Selamat mencoba semoga tips kesehatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAYT AL-QUR’AN & MUSEUM ISTIQLAL TMII

BATIK TEGALAN

CINTA LINGKUNGAN